Nama-nama Malaikat dan Tugasnya.




Assalamu'alaikum wr.wb

Halo adik-adik ðŸ‘‹

Jadi kali ini kakak akan membahas materi tentang Nama-nama Malaikat dan Tugasnya. 

Langsung aja disimak yuk!


Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang terbuat dari cahaya. Setiap umat muslim harus beriman kepada malaikat, sebab iman kepada malaikat termasuk rukun iman yang kedua.

Tugas malaikat adalah sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT. Allah SWT menciptakan malaikat dengan berbagai keistimewaan. Namun di samping itu, malaikat memiliki tugas-tugas yang diberikan oleh Allah. Tugas malaikat tersebut ditujukan kepada seluruh makhluk hidup yang ada di dunia.


1. Malaikat Jibril




Nama malaikat pertama adalah Malaikat Jibril. Malaikat Jibril memiliki sebuah tugas untuk para rasul. Tugasnya adalah untuk menyampaikan wahyu pada para rasul Allah SWT. meniupkan ruh pada setiap janin yang ada pada tubuh manusia. Selain itu, Malaikat Jibril juga bertugas untuk membawa rahmat. Rahmat itu ditujukan kepada mereka yang senantiasa menjaga kesucian ketika tiba sakaratul maut.


2. Malaikat Mikail




Tugas Malaikat Mikail adalah memberikan rizki kepada makhluk yang ada di dunia. Maka seluruh makhluk yang ada di bumi akan diberikan rizki oleh Allah SWT melalui Malaikat Mikail. Jadi yang menerima rizki tidak hanya manusia, tetapi seluruh makhluk hidup. Tugas Malaikat Mikail selanjutnya adalah mengatur hujan, angin dan tanaman. Semua kendali mengenai hal-hal tersebut berada di tangan Malaikat Mikail. Tentunya atas izin dari Allah SWT.


3. Malaikat Israfil




Tugas Malaikat Israfil adalah meniup sangkakala. Sangkakala adalah sejenis terompet. Sangkakala akan ditiup oleh Malaikat Israfil atas perintah dari Allah SWT. Saat hari kiamat datang, Malaikat Israfil akan meniupkannya. Kemudian, seluruh makhluk hidup yang memiliki nyawa akan mati.


4. Malaikat Izrail




Malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut nyawa semua makhluk hidup yang ada di dunia. Semua makhluk yang memiliki nyawa pasti akan merasakan kematian.


5. Malaikat Munkar




Tugas malaikat yang menanyai manusia yang sudah meninggal adalah Malaikat Munkar. Malaikat Munkar akan bertanya mengenai keimanan dari manusia itu. Selain itu, Malaikat Munkar akan mendatangi seseorang yang sudah berbuat banyak keburukan selama ia hidup di dunia. Malaikat Munkar akan mulai bertanya ketika selesai proses penguburan. Setelah 70 langkah orang terakhir dari tempat kuburnya sudah pergi.


6. Malaikat Nakir




Tidak hanya Malaikat Munkar yang bertugas datang ke alam kubur. Tugas malaikat ini juga dilakukan oleh Malaikat Nakir. Namun, Malaikat Nakir bertugas sebaliknya. Malaikat Nakir memiliki tugas untuk mendatangi orang yang sudah berbuat baik selama ia hidup.


7. Malaikat Raqib




Malaikat Raqib akan mencatat sekecil apapun perbuatan baik yang sudah kamu lakukan selama hidup kamu. jangan ragu untuk berbuat baik saat tidak ada satu orangpun yang melihatnya. Amalan baikmu akan tetap dicatat. Karena ini adalah tugas Malaikat Raqib. 


8. Malaikat Atid




Tugas Malaikat Atid adalah kebalikan dari malaikat Raqib. Jika Malaikat Raqib bertugas untuk mencatat amal baik, maka Malaikat Atid bertugas untuk mencatat amal buruk. Semua amal buruk yang dilakukan oleh manusia akan dicatat oleh Malaikat Atid.

Meskipun kamu melakukan perbuatan buruk dan tidak terlihat oleh siapapun, malaikat Atid tetap melihatnya. Kemudian akan dicatat di dalam catatan amal perbuatanmu. Semua amalan yang sudah kamu kerjakan akan diadili pada hari akhir nanti.


9. Malaikat Malik




Tugas Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka. Neraka adalah tempat bagi orang-orang yang selalu melanggar perintah Allah SWt. Selain itu, mereka yang tidak beriman akan ditempatkan di dalam neraka.


10. Malaikat Ridwan




Pintu surga juga dijaga oleh Malaikat Ridwan. Surga adalah tempat bagi orang-orang yang beriman. Mereka yang selalu melakukan amalan baik dan mengikuti perintah serta larangan Allah SWT akan ditempatkan di surga.



Itulah Nama-nama Malaikat dan Tugasnya yang perlu kita teladani dan imani karena beriman kepada malaikat adalah rukun iman yang kedua. 


Demikian penjelasan materi tentang Nama-nama Malaikat dan Tugasnya ini kakak sajikan untuk adik-adik agar dapat belajar dan memahaminya dengan mudah. Semoga bermanfaat, Selamat belajar dan Terimakasih! bye byee..👋

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana proses terjadinya hujan?

Apa itu klausa?

Apa itu majas?