Bagaimana proses terjadinya hujan?


Assalamu'alaikum wr.wb

Halo adik-adik ðŸ‘‹

Jadi kali ini kakak akan membahas materi tentang proses terjadinya hujan. 

Langsung aja disimak yuk!

Hujan adalah salah satu karunia dan rezeki dari Allah swt kepada manusia. Dengan air hujan maka sawah-sawah teraliri air hingga tumbuhan padi tumbuh subur. Dengan air hujan maka bumi yang tandus dan kering kerontang menjadi hijau dan subur. Berbagai macam tanaman tumbuh dengan lebat dan memberi makanan bagi setiap makhluk hidup di atas muka bumi.

Semua kejadian alam mempunyai proses awal terjadinya. Seperti halnya hujan yang datang tidak dengan sendirinya. Tapi adanya hujan melalui berbagai tahapan proses atau dimulai dari proses yang mengawalinya hingga akhir. Yang disebut juga dengan ilmu terjadinya hujan.

Kalian tau gak sih? Hujan yang selalu kita lihat ternyata melalui proses yang cukup panjang loh. Apa saja prosesnya? yaitu:

1. Evaporasi

Tahapan pertama proses turun nya hujan disebut evaporasi atau penguapan. Seluruh air yang terdapat dimuka bumi yang berasal dari laut, sungai, danau, rawa, kolam, samudera dan lainnya mengalami penguapan dimuka bumi dengan adanya sorot panas matahari. Penguapan air sebagai proses terbentuknya uap air langsung dibawa ke atmosfer.

 

      2. Kondensasi

Setelah terjadinya proses penguapan maka terjadilah proses kondensasi atau pengembunan. Semakin tinggi panas matahari maka semakin banyak embun yang dihasilkan dilapisan atmosfer. Zat air perlahan-lahan mengalami pendinginan hingga berubah menjadi bentuk es-es ukuran kecil. 



3. Koalensi

Es-es kecil yang terdapat di lapisan langit atmosfer tersebut berjumlah sangat besar hingga bersatu padu dan membentuk awan.  Yang disebut tahapan koalensi. Awan mengandung butiran es-es kecil dan air yang semakin lama semakin berwarna hitam disebabkan tambah banyak butiran es dan air yang dikandungnya


4. Presipitasi

Tahapan presipitasi adalah tahapan terjadinya awan yang mengalami tekanan udara yang tinggi. Yang membuat butiran es di awan mencair. Butiran es yang cair di awan membuat terjadinya hujan di muka bumi.

 

5. Keberlangsungan sepanjang masa

 Tahapan terakhir dari terjadinya peristiwa hujan adalah tahapan-tahapan penting tersebut yang akan berlangsung selamanya di bumi. Sehingga terjadinya hujan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk-makhluk hidup lainnya di muka bumi.





Jadi kesimpulannya adik-adik,

Hujan yang turun dari langit adalah sebuah peristiwa alam yang terjadi dari beberapa  peristiwa alam yang mendahuluinya. Dimulai dari penguapan bumi setiap hari disebabkan terjadinya suhu panas dari matahari.uap dari air naik ke atmosfer dan menciptakan butiran es dengan kandungan garam yang dimilikinya. Berlanjut hingga membentuk awan. Awan-awan hitam yang berserak dan menyimpan kandungan butiran es itu terbawa angin sehingga terus berpindah tempat. Awan yang semakin berat menahan gumpalan es yang kemudian mencair karena suhu tinggi  membuat awan mengeluarkan air dalam jumlah besar. Yang disebut hujan.

Demikian penjelasan materi tentang proses terjadinya hujan ini kakak sajikan untuk adik-adik agar dapat belajar dan memahaminya dengan mudah. Semoga bermanfaat, Selamat belajar dan Terimakasih! bye byee..👋


 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu klausa?

Apa itu majas?