Apa Itu Resensi?

Resensi adalah istilah yang merujuk pada sebuah ulasan tentang kelemahan atau kelebihan sebuah karya. Resensi biasanya dibuat dalam bentuk tulisan dan ditujukan kepada pembaca. Artinya, siapapun bisa mengungkapkan pendapatnya mengenai sebuah karya melalui resensi.


Pengertian Resensi Menurut Ahli


1 . WJS Poerwadarminta

WJS Poerwadarminta berpendapat bahwa resensi adalah sebuah pertimbangan yang diungkapkan seseorang mengenai buku tertentu. Pertimbangan tersebut meliputi kelebihan atau kekurangan dengan harapan dapat memberikan dorongan kepada masyarakat umum tentang buku tersebut. Resensi yang membahas tentang buku biasanya termuat dalam bentuk media cetak maupun online.


2. Panuti Sudjiman

Selanjutnya, Panuti mengemukakan bahwa resensi buku bertujuan untuk memuat penilaian dan pembahasan singkat tentang karya tulis. Secara tidak langsung, resensi dianggap sebagai penilaian terhadap buku yang diungkapkan secara sekilas.


3. Saryono

Pengertian resensi menurut Saryono adalah bentuk tulisan berupa artikel atau esai yang membahas tentang buku. Di dalam resensi terdapat beberapa poin penting, seperti: ulasan, laporan, pertimbangan baik-buruk, kuat-lemah, benar-tidak, hingga bermanfaat atau tidak. Penulisan resensi dilengkapi dengan foto buku atau salinan sampul buku yang diresensi.


Unsur-unsur Resensi


1. Terdapat Judul

Hal utama yang harus diperhatikan saat menulis resensi adalah menentukan judul. Upayakan judul yang dimuat mengangkat keunggulan karya yang diresensi. Hal ini dilakukan supaya menarik minat khalayak umum untuk membaca ulasan tersebut. Dengan begitu, pembaca dapat tertarik dan penasaran untuk membacanya secara langsung.


2. Profil Buku

Unsur resensi selanjutnya adalah profil buku. Profil tersebut meliputi identitas buku seperti judul, nama pengarang, penerbit, jumlah halaman, kota penerbit, informasi cetakan ke berapa, dan harga buku. Apabila buku yang diresensi adalah karya terjemahan, maka disebutkan juga nama editor dan penerjamahnya. '


3. Terdapat Ulasan dan Sinopsis

Sinopsis adalah ringkasan singkat tentang isi buku. Keberadaan sinopsis ternyata berpengaruh menambah daya tarik sebuah buku, lho! Dengan adanya sinopsis pembaca mendapatkan gambaran singkat mengenai isi buku. Sehingga mempermudah mereka untuk mencerna isi buku.


4. Melampirkan Kekurangan Buku

Memang betul tujuan utama membuat resensi adalah mempromosikan sebuah buku. Namun, resensi yang baik tetap harus melampirkan ulasan secara objektif. Termasuk melampirkan kekurangan buku yang sedang diulas. Selain itu, dengan adanya kritik dan saran maka dapat meningkatkan kualitas penulis dan penerbit untuk karya-karya selanjutnya.


5. Kelebihan Buku

Selain kekurangan, resensi juga berisi keunggulan dari karya seseorang. Beberapa hal yang dilampirkan saat menulis kelebihan buku di antaranya adalah:

  • Kerangka buku
  • Isi buku
  • Ulasan isi buku yang jelas teratur, rapi, dan teliti
  • Penggunaan bahasa yang baik dan tepat


Jenis dan Tujuan Resensi


Setelah mengetahui unsur-unsur penting dari resensi, berikut ini adalah jenis dan tujuannya:

  • Resensi Informatif, yakni resensi yang menyampaikan ulasan secara umum dan singkat dari seluruh isi buku.
  • Resensi Deskriptif, adalah resensi yang menguraikan secara jelas setiap bagian atau babnya.
  • Resensi Kritis, bentuk ulasan yang detail dan disertai dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi resensi kritis biasanya objektif dan kritis saat memberikan pandangan terhadap buku tersebut.


Struktur Resensi dan Contohnya


Dalam menulis resensi, terdapat beberapa struktur penting seperti berikut:

  • Identitas: judul, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, ukuran buku, dan tebal halaman.
  • Orientasi: terletak pada paragraf pertama dan menjelaskan secara singkat tentang keunggulan dan kelebihan buku.
  • Sinopsis: uraian singkat tentang pemahaman penulis terhadap isi buku.
  • Analisis: pemaparan mengenai keberadaan unsur cerita, seperti penokohan, al ur, dan tema.
  • Evaluasi: terdapat ulasan tentang kelebihan dan kekurangan sebuah karya tulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana proses terjadinya hujan?

Apa itu klausa?

Apa itu majas?